25 Februari 2009

Membuat Start menu flashdisk

Sekarang hampir semua orang sudah punya flashdisk. Scan for executables… lalu pilih direktori di flashdisk yang isinya program. Biar lebih enak, lebih baik dicari satu per satu supaya terkumpulkan dalam satu grup, seperti ini




















Setelah kata ‘icon’ diisi dengan letak icon yang akan dipakai untuk flashdisk. Biasaya saya mengumpulkannya ke dalam satu folder, misalkan aja folder ‘icon’, so ntar jadinya kayak gini:

[autorun]
icon = icon\iconku.ico

Untuk iconnya bisa cari diinternet. kalian juga bisa menggunakan Format Factory untuk merubah file2 .jpg dll supaya menjadi file dengan format .ico.
Setelah itu, untuk mengganti backgroundnya, bisa pake program Folder Tweaker. Program ini juga bisa digunakan untuk mengganti icon folder

setelah di OK, akan terbentuk file ‘Desktop.ini’ yang isinya seperti ini:

[.ShellClassInfo]
ConfirmFileOp=0
IconFile=I:\Program\PStart.exe
IconIndex=0
InfoTip=Flashdisk keren poenyaQ
[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
IconArea_Image=I:\icon\kucing bersaudara2.png

perhatikan setelah kata ‘IconArea_Image’, di situ alamatnya bersifat absolut, yaitu I:\icon\kucing bersaudara2.png, harus dijadikan alamat yang relatif, dengan tujuan ketika flashdisk kita dipindahkan ke komputer lain, maka tidak akan terjadi broken link, kan nggak mungkin flashdisk kita pasti dikaitkan ke drive ‘I’ terus, bisa saja setelah flashdisk kita dicabut dan ditancapkan lagi, dapetnya drive ‘M’ dll. So, perlu diedit menjadi alamat relatif seperti ini ‘\icon\kucing bersaudara2.png’, artinya relatif terhadap root direktori flashdisk. Atau diubah menjadi ‘icon\kucing bersaudara2.png’ artinya relatif terhadap file ‘Desktop.ini’. Yang perlu diingat, tidak semua folder di flashdisk akan berganti backgroundnya, karena file ‘Desktop.ini’ hanya mengacu ke folder dimana file ‘Desktop.ini’ tersebut diletakkan. Klo pengen diganti semua folder ya harus dikasih satu per satu :razz:
Ini dia hasilnya

di contoh flashdisk saya, ada 2 file autorun.inf, kenapa yah ? nggak ada maksud lain cuman buat backup aja. Biasanya virus suka mengganti file autorun.inf di setiap drive, tak terkecuali flashdisk. Jadi klo file autorun.inf saya diganti ma virus, tinggal dicopy lagi aja dengan punyaQ yang asli.

Download : PStart

0 komentar: